Perbedaan Front-End Dan Back-End

Dalam dunia IT khususnya dibidang develover kita sering mendengar dengan istilah Front-End dan Back-End, namun beberapa orang mungkin tidak akan tahu maksud istilah Front-End dan Back-End. Dan buat teman – teman yang baru terjun di dunia IT khususnya dibagian developer wajib tahu mengenai Perbedaan Front-End dan Back-End supaya nanti bisa memilih. Apakah nantinya ingin menjadi Front-End developer ataupun Back-End developer. Untuk itu simak Perbedaan Front-End dan Back-End berikut ini.

1. Front-End

Dari namanya (Front-End) harusnya kita mengerti arti dari Front-End. Front-End merupakan istilah yang mengacu pada developer yang bekerja dibagian desain layout suatu website atau aplikasi, dimana seorang developer akan mengerjakan user interface agar desain terlihat menarik dan tidak terlihat membosankan untuk dilihat. Seorang Front-End developer wajib menguasai program HTML, CSS, Javascript dan juga framework seperti jQuery, Bootstrap dan lain sebagainya.

2. Back-End

Selanjutnya adalah Back-End, setelah tampilan desain dibuat oleh Front-End developer maka tugas akan dilanjutkan oleh seorang Back-End dimana tugas utamanya adalah membuat website dan atau aplikasi bisa berjalan dan bisa digunakan oleh pengguna, misalnya membuat program CMS (dashboard, halaman admin, dll). Selain itu seorang Back-End developer biasanya menguasai bahasa program seperti PHP, java, dan dan bisa menggunakan framework seperti Code Igniter, Laravel dan framework lain-lainnya. Tidak ketinggalan juga seorang Back-End developer biasanya memahami database seperti MySQL dll. Bukan tetapi seorang Back-End tidak bisa mengerjakan Front-End developer ataupun sebaliknya, biasanya mereka juga bisa mengerjakan Front-End.

 

Source : https://www.dumetschool.com/blog/perbedaan-front-end-dan-back-end.

Leave a Reply