Web Development

Web Developer

Web Developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemograman, web developer berperan sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada website, mulai dari membuat halaman website statis / dinamis, pemanggilan database, sampai mengatur cara pengunjung untuk berinterkasi dengan elemen / unsur dari website tersebut.

Seorang web developer yang pakar terbiasa dengan bahasa pemrograman, baik itu di sisi server ( server-side scripting ) ataupun dari sisi client ( client-side scripting ), serta dari segi aspek database (basis data) yang akan digunakan.

Bagaimana menjadi web developer

 Bagi kalian yang berminat menjadi web developer, hal-hal dibawah ini merupakan pengetahuan yang harus dipelajari .   Berikut adalah bagian aplikasi yang harus dipahami oleh seorang web developer.

  • Client-side: JavaScript
  • Server side: ASP, ASP.NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby, dsb.
  • Databases: MySQL, Oracle, dsb.

Seorang web developer tidak terlalu mementingkan aspek interface, karna umumnya setelah scripting dari aplikasi web sudah selesai dibuat oleh web developer maka akan diserahkan selanjutnya kepada web designer untuk dapat menciptakan tampilan yang baik.

Front End Developer

Sederhananya, Front End adalah apapun yang kamu liat di browser. Developer disinilah yang membuat tampilan web menarik. Merekalah secara khusus berfokus pada bagian HTML, CSS, dan Javascript berhubung ketiga teknologi tersebut tinggalnya di browser.

Front End Developer sebenernya nggak harus bikin website terlihat indah dan bagus (itu tugas designer), tapi dialah yang membuat gimana caranya menyajikan informasi dan bisa memberi interaksi pasa user sebaik mungkin.

Back End Developer

Dialah agen dibalik layar. Back end developer lah yang membuat aplikasi web bisa hidup di server. Dialah yang bikin algoritme dan mendesain sistem yang bisa bekerja dengan efisien.

Fokus dari Back End adalah gimana caranya agar data yang mengalir bisa masuk dan keluar di tempat yang tepat. Kalau proses pembuatan aplikasi web itu diibaratkan sebagai gunung es, Back End Development adalah yang jadi bagian es dibawah permukaan lautnya, walaupun nggak keliatan dari luar, tapi dia berperan sangat penting untuk bisa membuat website berjalan semestinya.

Full Stack Developer

Di banyak perusahaan teknologi bagian Front End dan Back End Development itu dibuat terpisah. Tapi walaupun begitu, saat ini banyak dicari orang-orang yang bisa keduanya. Jadi bukan cuman orang yang ngerti gimana bikin animasi javascript unyu pas orang lagi ngebuka website, tapi juga ngerti bagian database dan browsernya.

Source :

https://www.pendidikanku.org/2018/03/pengertian-web-developer-web-designer.html

https://www.jurnalanas.com/2014/05/24/tentang-dunia-web-development/